9 ALASAN MAKAN DI ATAS DAUN PISANG JAUH LEBIH BAIK

manfaat makan diatas daun pisang. Pasti anda tahu manfaat makan diatas daun pisang yaitu karena ukurannya yang besar dan mudah didapat serta memiliki rasa yang khas. Namun sebenarnya jika kita ingin mengetahui lebih dalam manfaat daun pisang maka itu ada banyak.

Seperti yang akan saya bahas kali ini, rupanya makan dengan daun pisang memiliki banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Contohnya saja karena higienis. 


Di beberapa Negara saja. makanan tradisional mereka dilapisi dengan daun pisang. Tamu diberi bagian atas daun sementara anggota keluarga diberi bagian bawah. Semua orang duduk bersama di lantai dan makan dengan tangan mereka. Beras, daging, sayuran, kacang, kari dan acar semuanya disajikan di daun yang sama, karena cukup besar untuk menampung seluruh makanan.

Makan di atas daun pisang adalah kebiasaan yang sudah ada sejak dulu. Dan juga merupakan kebiasaan yang positif, namun anda juga harus pandai membedakan antara daun pisang yang segar dan yang sudah terinjak/kotor. Berikut manfaat dari makan berlapis daun pisang yang jarang kita ketahui.

1)    Kaya anti-oksidan

Daun pisang dikemas dengan senyawa nabati yang disebut polifenol seperti epigallocatechin gallate, atau EGCG, yang juga ditemukan dalam teh hijau. Polyphenol adalah antioksidan alami yang memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit. Sementara daun pisang tidak mudah dicerna jika dimakan langsung, makanan menyerap polifenol dari daun, sehingga Anda mendapat manfaat dari nutrisi.

 Hal ini juga dipercaya bahwa daun memiliki sifat anti-bakteri yang membunuh semua kuman dalam makanan, sehingga mengurangi kemungkinan Anda jatuh sakit.

2)    Memberikan rasa yang khas
Daun pisang memiliki lapisan lilin yang memiliki rasa yang halus tetapi berbeda. Ketika makanan panas ditempatkan pada daun, lilin akan meleleh dan memberikan rasa pada makanan, membuatnya terasa lebih enak.


3)    Daun pisang juga tahan air

Hal terbaik tentang daun pisang adalah bahwa mereka tahan air. Makan makanan cair dari daun pisang tidak akan merusak meja Anda atau pakaian Anda tidak seperti piring kertas yang bisa kotor dan memungkinkan cairan mengalir. Anda juga bisa mencuci daun pisang sebelum memakan makanan di atasnya dan mencucinya lagi nanti. Pelat Thermocol atau piring kertas tidak memiliki sifat seperti itu.

4)    Ramah lingkungan
Kebanyakan orang menggunakan piring plastik atau styrofoam ketika mereka membutuhkan peralatan sekali pakai, namun daun pisang adalah pilihan yang jauh lebih ramah lingkungan. Mereka membusuk dalam waktu yang sangat singkat, tidak seperti plastik, yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai.


5)    Higienis
Daun pisang tidak membutuhkan banyak pembersihan, mereka hanya perlu dibilas dengan sedikit air dan mereka siap untuk digunakan. Jika Anda makan di tempat di mana standar kebersihan dipertanyakan, Anda jauh lebih baik makan dari daun pisang daripada dari piring yang belum dibersihkan dengan benar.


6)    Bebas bahan kimia

Karena piring dicuci dengan sabun dan air, sisa bahan kimia dalam sabun mungkin masih tertinggal di piring, mencemari makanan Anda. Daun pisang hanya perlu dibilas dengan sedikit air, dan tidak perlu dicuci dengan sabun, sehingga makanan Anda akan bebas bahan kimia.

7)    Praktis
Daun pisang cukup besar, membuatnya mampu memegang seluruh makanan yang terdiri dari beberapa komponen berbeda. Daunnya juga sangat tahan air, berkat lapisan lilin mereka, sehingga mereka dapat menahan olahan saus tanpa menjadi basah.


8)    Daun pisang juga Terjangkau
Ada banyak daun pisang di mana pasar menjual daun pisang lebih banyak. Anda dapat dengan mudah bertanya dari bazaar lokal atau supermarket di mana daun pisang tersedia karena selain mudah didapat, harganya juga sangat terjangkau. Jika Anda kebetulan berada di dekat perkebunan pisang, maka itu akan ideal karena Anda bisa mengambil daun pisang dari petani setempat.


9)    Makan dari piring plastik meningkatkan risiko batu ginjal

Menurut penelitian ilmiah, mengonsumsi makanan dari piring plastik meningkatkan risiko batu ginjal. Ini adalah hobi favorit para pengembara piknik untuk menggunakan plastik dan melamin. Para peneliti Taiwan telah menemukan pemanasan melamin dapat meningkatkan jumlah paparan melamin yang menyebabkan batu ginjal. Daun pisang tidak memiliki masalah dan sangat aman untuk kesehatan Anda.


itulah beberapa manfaat daun pisang yang digunakan baik sebagai alas untuk makanan maupun untuk melapisi makanan. share kepada teman teman sekalian, untuk menambah wawasan anda.


"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak kita kenal dan hargai sampai keduanya habis" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »