4 BAHAYA MINUM ES SAAT HAID BAGI KESEHATAN WANITA


Untuk para wanita pastinya pernah merasakan haid dengan diikuti rasa sakit dan juga memiliki pantangan tersendiri loh. ternyata pada saat haid, para wanita tidak di anjurkan untuk meminum air es dikarenakan banyaknya bahaya yang mengintai. contohnya 4 bahaya berikut:

1. Menghentikan kontraksi rahim
sebuah penelitian yang dikembangkan di china membuktikan bahwa minum air es saat haid bisa menyebabkan kontraksi rahim berhenti. saat anda sedang haid maka rahim akan terus melakukan pergerakan konstrasi untuk melepaskan semua darah dari dinding rahim. ketika anda minum es dan rahim tidak bekerja maka menyebabkan darah terus membeku dalam rahim.

2. Meningkatkan potensi kram
rasa kram paling sering terjadi pada saat haid, kram sering ditandai dengan nyeri pada bagian perut bawah, hal ini sebenarnya adalah reaksi yang normal karena rahim melakukan kontraksi yang sangat kuat untuk meluruhkan semua darah. tapi minum air es bisa membuat gerakan rahim lebih cepat berhenti dan semua bagian darah tidak bisa keluar.

3. Menyebabkan peradangan
jika anda minum es atau es krim selama haid maka bisa membuat kondisi peradangan menjadi lebih parah. hal ini disebabkan karena es krim atau es bisa menyebabkan meningkatnya proses pelepasan prostaglandin. jika terlalu banyak yang keluar maka peradangan dan kram akan menjadi lebih parah. selain itu semua jenis es yang terbuat atau mengandung bahan susu sebaiknya juga di hindari karena bisa meningkatkan serangan kram yang lebih parah bahkan bisa menyebabkan perut kembung dan tubuh menjadi lebih lemah.

4. Meningkatkan resiko tulang rapuh
wanita memiliki hubungan yang sangat erat antara menstruasi dan masalah kesehatan tulang. ketika wanita minum es saat mens maka bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. wanita paling tidak membutuhkan kalsium dalam jumlah minimal 800 mg perhari dan jumlah itu tidak bisa dipenuhi jika terlalu banyak minum es. penyerapan kalsium yang rendah saat mens juga sering menyebabkan nyeri haid dan kram parah. selain itu karena kekurangan kalsium menyebabkan tulang menjadi rapuh.

jika anda sudah tau bahaya yang mengancam maka tidak di anjurkan untuk meminum air es saat sedang haid karena beresiko tinggi menganggu kesehatan tubuh yang selalu jadi primadona para kaum wanita. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »