12 CARA UNTUK DIET SEHAT

Dalam nutrisi, diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme lain. Kata diet sering menyiratkan penggunaan asupan nutrisi khusus untuk alasan kesehatan atau manajemen berat badan (dengan keduanya sering dikaitkan). selain diet sehat, anda harus memperhatikan cara agar mendapatkan tubuh yang sehat dengan membaca selengkapnya disini. baca selengkapnya

Meskipun manusia adalah omnivora, setiap budaya dan setiap orang memiliki beberapa preferensi makanan atau beberapa tabu makanan. Ini mungkin karena selera pribadi atau alasan etika. Pilihan makanan individu mungkin lebih atau kurang sehat.

Mengembangkan kebiasaan makan yang sehat tidaklah sesederhana atau seterbatas yang dibayangkan banyak orang. Langkah-langkah penting adalah makan sebagian besar makanan yang berasal dari tanaman sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan dan membatasi makanan yang diproses. Berikut adalah langkah untuk membangun pola makan yang sehat.


1)    Mengkonsumsi Berbagai Makanan

Tidak semua nutrisi dan zat lain dalam makanan yang berkontribusi terhadap kesehatan yang baik telah diidentifikasi, jadi makan berbagai macam makanan membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan semua potensi melawan penyakit yang ditawarkan makanan. Selain itu, ini akan membatasi ekspos terhadap setiap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada dalam makanan tertentu.

2)    Jaga porsi makan

Tentu, Anda bisa makan semua brokoli dan bayam yang Anda inginkan, tetapi untuk makanan yang lebih tinggi kalori, kontrol porsi adalah kuncinya. Dalam beberapa tahun terakhir, ukuran porsi telah menggelembung. Di restoran, pilih hidangan pembuka alih-alih hidangan atau membagi hidangan dengan teman. Jangan memesan apa pun yang sudah "digantikan". Saat membaca label makanan, periksa ukuran penyajian: beberapa paket yang relatif kecil mengklaim mengandung lebih dari satu bahan makanan, jadi Anda harus menggandakan atau melipatgandakan kalori, gram lemak, dan miligram natrium jika Anda berencana untuk memakan semuanya.

BACA JUGA: Tips memperlancar pencernaan perbaiki ususmu!

3)    pandai memilih makanan


Usahakan 2½ cangkir sayuran dan 2 cangkir buah sehari, untuk diet 2.000 kalori. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori, carilah lebih banyak makanan. jika Anda makan kurang dari 2.000 kalori, Anda bisa makan lebih sedikit. Sertakan. Nutrisi, serat dan senyawa lain dalam makanan ini yang dapat membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu dan penyakit lainnya. Kacang-kacangan, kaya serat, dihitung sebagai sayuran, meskipun cukup tinggi kalori. Pilih buah utuh di dalam jus untuk lebih banyak serat. Buah dan sayuran beku serta kalengan juga merupakan pilihan yang baik.

4)    Dapatkan lebih banyak biji-bijian utuh 

Setidaknya separuh biji-bijian Anda harus berupa biji-bijian utuh, seperti gandum utuh. Biji-bijian utuh mempertahankan dedak dan kuman dan dengan demikian semua (atau hampir semua) nutrisi dan serat dari biji-bijian ada dalam biji tersebut. Carilah produk berlabel “100% gandum utuh” atau “100% biji-bijian utuh.” Jika tidak dikatakan demikian, carilah gandum utuh yang terdaftar sebagai bahan pertama, meskipun mungkin masih ada banyak gandum olahan. Pilih lah gandum dengan kualitas terbaik.

5)    Batasi Biji-Bijian yang dimurnikan dengan Tambahan Gula

Karbohidrat olahan dalam roti putih, pasta biasa dan sebagian besar makanan ringan memiliki sedikit atau tidak ada serat makanan dan telah kehilangan banyak nutrisi. Pada label makanan, hati-hati untuk "tepung terigu" (juga disebut "putih," "halus" atau "diperkaya" tepung) di daftar bahan. Selain itu, batasi makanan dengan tambahan gula, seperti soda dan permen. Ini adalah sumber kalori kosong yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Banyak makanan manis juga mengandung banyak lemak, sehingga mereka bahkan lebih padat kalori.

6)    Nikmati Lebih Banyak Ikan dan Kacang

Kacang-kacangan, ikan berlemak, alpukat dan minyak nabati menyediakan lemak tak jenuh yang sehat. Penelitian terbaru menunjukkan makanan ini, meskipun tinggi kalori, cenderung tidak meningkatkan berat badan karena mereka memuaskan. Namun, yang terbaik adalah dengan memakannya sebagai pengganti makanan berkalori tinggi lainnya. Misalnya, gantikan zaitun atau minyak canola untuk mentega. Ikan berlemak membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memiliki manfaat lain, terutama karena lemak tak jenuh omega-3 nya.

7)    Kurangi Lemak Hewan 

Lemak jenuh, terutama dari daging merah dan daging olahan, meningkatkan LDL (kolesterol "buruk"). Untuk membatasi asupan Anda, pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit dan produk susu tanpa lemak atau rendah lemak. Ada baiknya juga untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak “baik”, yang ditemukan dalam kacang, ikan, dan minyak sayur, bukan dengan karbohidrat olahan seperti roti putih dan makanan ringan.
 

8)    Kurangi lemak trans
Lemak trans dipasok oleh minyak nabati terhidrogenasi parsial yang digunakan dalam banyak makanan olahan (seperti makanan panggang komersial, makanan ringan dan margarin tongkat) dan makanan cepat saji (seperti kentang goreng). Lemak trans meningkatkan kolesterol LDL ("buruk") dan juga mengurangi kolesterol HDL ("baik"), meningkatkan risiko penyakit jantung. Sejak 2006, ketika undang-undang pelabelan lemak trans mulai berlaku, banyak pembuat makanan telah menghilangkan atau sangat mengurangi lemak ini dalam produk mereka.

BACA JUGA: 10 tips mudah menghilangkan lemak diperut dengan mudah

9)    Jangan Khawatir dengan Kolesterol

Meskipun batas harian 300 miligram pada asupan kolesterol telah lama disarankan, ada banyak bukti bahwa kolesterol dalam makanan itu sedikit, jika ada, efek pada kolesterol darah pada kebanyakan orang. Dengan demikian, banyak ahli tidak lagi merekomendasikan membatasi diet kolesterol (hanya ditemukan pada makanan hewani, terutama telur dan udang). Cara terbaik bagi kebanyakan orang untuk menurunkan kolesterol darah mereka adalah dengan mengurangi lemak jenuh (seperti pada daging) dan lemak trans (dari minyak terhidrogenasi sebagian dalam makanan olahan). Pengecualian yang mungkin adalah penderita diabetes, yang harus berbicara dengan dokter tentang diet mereka secara keseluruhan.

10)    Komsumsi kalium dan kurangi natrium 

Kelebihan natrium meningkatkan tekanan darah pada banyak orang dan memiliki efek berbahaya lainnya. Pada Orang yang berusia di atas 50 tahun, orang kulit hitam, dan mereka yang menderita hipertensi, diabetes, atau penyakit ginjal kronis. kebanyakan orang dewasa  harus membatasi sodium hingga 1.500 miligram per hari (sekitar dua pertiga satu sendok teh garam). Pada saat yang sama, konsumsi lebih banyak kalium, yang menurunkan tekanan darah. Makanan kaya kalium termasuk buah jeruk, pisang, kentang, kacang dan yogurt.

11)    Perhatikan Kalsium dan Vitamin D Anda 

Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Dapatkan kalsium dari produk susu rendah lemak atau tanpa lemak dan makanan yang diperkaya seperti beberapa jus jeruk dan minuman kedelai. Jika Anda tidak dapat memperoleh 1.000 hingga 1.200 mg sehari dari makanan, ambil suplemen kalsium. Sulit mengonsumsi cukup vitamin D dari makanan, dan mendapatkannya dari sinar matahari berisiko. Banyak orang terutama mereka yang berusia di atas 60 tahun, tinggal di garis lintang utara atau memiliki kulit yang lebih gelap mungkin memerlukan suplemen D (800 hingga 1.000 IU per hari).

12)    Batasi Alkohol 

Jika Anda minum, lakukan dengan moderasi. Itu berarti tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dua hari untuk pria. Orang yang lebih tua harus minum lebih sedikit. Minuman beralkohol didefinisikan sebagai 12 ons bir, 5 ons anggur. Sementara alkohol dalam jumlah sedang memiliki manfaat jantung, asupan lebih tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan minum alkohol dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mengemudi dan dapat meningkatkan risiko kanker tertentu. Beberapa orang, termasuk wanita hamil dan mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, harus menghindari alkohol sama sekali.


itulah beberapa cara untuk diet sehat anda. dengan diet yang sehat maka anda akan mendapatkan tubuh yang sehat juga. jika anda butuh makanan yang sehat lainnya baca selengkapnya. share kepada teman yang membutuhkan karena berbagi dapat menyelamatkan hidup orang lain :D


"Yang terbesar dari kebodohan adalah mengorbankan kesehatan untuk jenis lain dari kebahagiaan" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »