7 PENYEBAB SAKIT KEPALA ATAU PUSING


saat sedang beraktifitas terkadang sakit kepala muncul dan mengganggu. sangat disayangkan jika penyakit tersebut mengganggu aktifitas kamu. namun sakit kepala tidak muncul secara tiba tiba, ada beberapa hal yang dapat membuatmu menjadi pusing atau sakit kepala.

1. Vertigo
Vertigo dapat menyebabkan pusing.Banyak orang menggunakan istilah "vertigo" dan "pusing" secara bergantian. Meskipun kondisi ini menciptakan sensasi serupa, mereka sedikit berbeda.Vertigo, di sisi lain, mengacu pada sensasi gerakan buatan. 

Vertigo dapat menyebabkan orang merasa seolah-olah lingkungan di sekitar mereka berputar atau miring. Vertigo terjadi karena perkembangan masalah di telinga bagian dalam. Penyebab vertigo dapat meliputi: 

Vertigo posisi paroksismal jinak 
Vertigo posisi paroksismal jinak berkembang ketika partikel kalsium karbonat berkumpul di saluran telinga bagian dalam. Kanal-kanal ini mengirim informasi tentang posisi tubuh dan gerakan ke otak, tetapi kehadiran partikel kalsium menyebabkan otak salah membaca informasi.

Penyakit Ménière
Kondisi telinga bagian dalam ini tidak diketahui penyebabnya, tetapi beberapa ilmuwan percaya bahwa hal itu dapat terjadi ketika cairan menumpuk di saluran telinga. Penyakit Ménière dapat berkembang secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang jelas. Ini bisa menimbulkan vertigo, bunyi dering atau menderu di telinga, dan gangguan pendengaran.

Labirinitis
Infeksi dapat menyebabkan peradangan di telinga bagian dalam, atau labirin. Labyrinthitis cenderung berkembang setelah infeksi virus, seperti pilek atau flu. Obat antivirus dan antihistamin dapat secara efektif mengobati labirinitis. Namun, bagian telinga bagian dalam dapat mengalami kerusakan permanen akibat kondisi ini.

2. karena perjalanan
Gerakan berulang karena berada di dalam kendaraan, seperti mobil, pesawat terbang, atau kapal, dapat mengganggu struktur telinga bagian dalam, menyebabkan pusing, mual, dan muntah. Orang-orang menyebut ini "mabuk perjalanan" atau "mabuk laut."

Hamil atau menggunakan obat-obatan tertentu dapat meningkatkan sensitivitas seseorang untuk bergerak dan meningkatkan risiko mengalami mabuk perjalanan. Gejala mabuk perjalanan biasanya mereda begitu orang tersebut menginjakkan kaki di tanah yang kokoh.

3. Migrain
Migrain adalah jenis sakit kepala berulang yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut atau berdenyut di satu sisi kepala. The American Migraine Foundation memperkirakan bahwa 30-50% orang akan mengalami pusing selama episode migrain.

Terkadang, orang mengalami pusing sebelum timbulnya episode migrain. Gejala neurologis lainnya, atau aura, dapat mendahului rasa sakit dari sakit kepala migrain. Aura dapat memengaruhi penglihatan, ucapan, dan kontrol motorik seseorang.


4. Tekanan darah rendah
Penurunan tekanan darah yang tajam dapat menyebabkan sensasi ringan kepala ringan. Perubahan tekanan darah dapat terjadi setelah duduk atau berdiri terlalu cepat. Kondisi lain yang dapat menyebabkan perubahan tekanan darah termasuk:
- dehidrasi
- kehilangan darah
- reaksi alergi parah, atau anafilaksis
- kehamilan
- Minum obat-obatan tertentu, seperti diuretik, beta-blocker, atau antidepresan, juga dapat menyebabkan perubahan tekanan darah.

5. Penyakit kardiovaskular
Kondisi yang memengaruhi sistem kardiovaskular, seperti penumpukan plak di arteri dan gagal jantung kongestif, dapat menyebabkan pusing. Orang-orang mungkin mengalami pusing atau merasa pusing sebelum atau setelah serangan jantung atau stroke. Jika seseorang memiliki penyakit kardiovaskular, mereka kemungkinan akan mengalami tanda dan gejala lain, termasuk:
- detak jantung tak teratur
- sesak napas
- ketidaknyamanan atau sesak di dada
- batuk terus menerus
- cairan berlebih di lengan, kaki, atau kaki
- kelelahan
- mual, muntah, atau keduanya

6. Zat besi rendah
Mengonsumsi makanan kaya zat besi dapat mengurangi gejala anemia.
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kondisi yang disebut anemia, di mana tubuh tidak memiliki cukup darah yang kaya oksigen. Anemia dapat menyebabkan gejala berikut:
- pusing
- sesak napas
- sakit dada
- kelelahan
- membuat perubahan diet yang tepat dan mengonsumsi suplemen zat besi dapat membantu mengobati bentuk anemia defisiensi besi ringan. Orang yang memiliki kekurangan zat besi parah mungkin memerlukan transfusi darah.

7. Hipoglikemia (gula darah rendah)
Hipoglikemia terjadi ketika glukosa darah, atau gula darah, turun di bawah tingkat normal. Penyebab hipoglikemia meliputi:
- melewatkan makan
- mengkonsumsi alkohol
- minum obat-obatan tertentu, seperti insulin atau aspirin
- mengalami ketidakseimbangan hormon

itulah beberapa penyebab sakit kepala yang biasa kita temui, ingat bahwa jika kalian ingin terbebas dari penyakit ini biasakan pola makan dan gaya hidup yang teratur, anda juga bisa baca DISINI. juga kalian dapat kedokter jika penyakit ini semakin serius.


Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »