PENYEBAB FLU ATAU INFLUENZA DAN CARA MENGATASINYA



Apa itu flu?
Influenza, atau flu, adalah infeksi virus yang menyerang paru-paru, hidung, dan tenggorokan. Ini adalah penyakit pernapasan menular dengan gejala mulai dari ringan hingga parah.

Siapa saja bisa sakit flu, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi. termasuk anak-anak di bawah usia 5 dan orang dewasa berusia 65 dan lebih tua.

Risiko flu juga meningkat jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau jika Anda memiliki kondisi kronis, seperti:
- penyakit jantung
- penyakit ginjal
- diabetes, tipe 1 dan tipe 2

Apa saja gejala flu?
Pada awalnya, flu bisa menyerupai flu biasa. Gejala awal mungkin termasuk:
- sakit tenggorokan
- bersin
- hidung meler
Gejala sering memburuk saat virus berkembang dan dapat meliputi:
- demam
- otot pegal
- tubuh menggigil
- berkeringat
- sakit kepala
- batuk kering
- hidung tersumbat
- kelelahan

kelemahan flu
Flu biasanya tidak memerlukan kunjungan dokter. Gejala sering membaik dengan perawatan di rumah dalam waktu sekitar satu minggu. Anda dapat meredakan gejala dengan obat flu dan pil bebas. Penting juga untuk banyak istirahat dan minum banyak cairan.

BACA JUGA: cara fokus mendapatkan tubuh yang sehat

Namun, beberapa orang lebih mungkin mengembangkan komplikasi dari flu. Jika Anda atau anak Anda termasuk dalam salah satu dari kelompok berisiko tinggi ini, dapatkan bantuan medis segera setelah Anda mencurigai flu tersebut.

Kelompok berisiko tinggi termasuk mereka yang:
- di bawah 2 tahun
- 65 tahun atau lebih
- hamil atau baru saja melahirkan
- 18 atau lebih muda dan minum aspirin atau obat yang mengandung salisilat
- dari keturunan Indian Amerika atau Asli Alaska
- memiliki kondisi kronis, seperti diabetes, asma, penyakit jantung, HIV

Komplikasi flu
Kebanyakan orang sembuh dari flu tanpa komplikasi. Tetapi kadang-kadang, infeksi sekunder dapat berkembang, seperti pneumonia, bronkitis, atau infeksi telinga.
Jika gejala Anda hilang dan kembali beberapa hari kemudian, Anda mungkin mengalami infeksi sekunder. Temui dokter jika Anda mencurigai adanya infeksi sekunder.
Jika tidak diobati, pneumonia dapat mengancam jiwa.

Bagaimana flu menyebar?
Untuk melindungi diri Anda dari flu, Anda perlu memahami bagaimana virus itu menyebar. Flu sangat menular. Ini dapat menyebar dengan cepat di rumah tangga, sekolah, kantor, dan di antara kelompok teman.

Menurut Sumber Tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dimungkinkan untuk menularkan flu kepada seseorang secepat satu hari sebelum gejalanya dimulai dan hingga lima hingga tujuh hari setelah Anda sakit.

Setelah bersentuhan dengan virus, Anda akan mulai menunjukkan gejala dalam satu hingga empat hari. Anda bahkan dapat menularkan virus kepada seseorang sebelum Anda menyadari bahwa Anda sakit.

Flu terutama ditularkan dari orang ke orang. Jika seseorang dengan flu bersin, batuk, atau berbicara, tetesan dari mereka menjadi mengudara. Jika tetesan ini bersentuhan dengan hidung atau mulut Anda, Anda bisa menjadi sakit juga.

Anda juga dapat tertular flu dari jabat tangan, pelukan, dan permukaan menyentuh atau benda yang terkontaminasi virus. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh berbagi peralatan atau gelas minum dengan siapa pun, terutama seseorang yang mungkin sakit.

Ada berapa jenis virus flu?
Ada tiga jenis virus flu: tipe A, tipe B, dan tipe C. Hewan dan manusia dapat terkena flu tipe A karena virus flu dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Virus ini terus berubah dan dapat menyebabkan epidemi flu tahunan. Flu tipe B juga dapat menyebabkan wabah musiman selama bulan-bulan musim dingin. Namun, tipe ini biasanya kurang parah daripada tipe A dan menyebabkan gejala yang lebih ringan. Kadang-kadang, tipe B dapat menyebabkan komplikasi parah. Tipe B hanya dapat ditularkan dari manusia ke manusia.
- Flu tipe A disebabkan oleh strain yang berbeda.
- Flu tipe B disebabkan oleh satu jenis flu.
- Flu tipe C hanya menyerang manusia. Ini menyebabkan gejala ringan dan beberapa komplikasi.

BACA JUGA: Mudah membuat desinfektan alami!

Bagaimana flu bisa dicegah?
Sangat penting untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari virus karena potensi komplikasi. Karena virus flu dapat ditularkan dari orang ke orang, pastikan Anda sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Selain itu, hindari menyentuh hidung dan mulut Anda dengan tangan.

Virus flu dapat hidup pada permukaan dan benda keras selama dua hingga delapan jam. Gunakan tisu atau semprotan desinfektan pada permukaan yang biasa disentuh di rumah atau di tempat kerja untuk melindungi diri Anda lebih jauh.

Jika Anda merawat seseorang yang terserang flu, kenakan masker untuk melindungi diri. Anda dapat membantu menghentikan penyebaran flu dengan menutupi batuk dan bersin Anda. Yang terbaik adalah batuk atau bersin ke siku Anda daripada tangan Anda.

Selain itu, pertimbangkan untuk mendapatkan vaksinasi flu tahunan. Vaksin ini direkomendasikan untuk semua orang yang berusia di atas enam bulan. Ini melindungi terhadap strain umum dari virus flu.

Meskipun vaksin ini tidak 100 persen efektif, vaksin ini dapat mengurangi risiko flu hingga 40 hingga 60 persen dari Sumber yang Dipercaya, menurut CDC.

Vaksin flu diberikan melalui suntikan di lengan. Ada juga pilihan vaksin flu semprotan hidung untuk individu yang tidak hamil yang berusia antara 2 dan 49 tahun. jika flu masih saja berlanjut segera hubungi dokter untuk penanganan utama.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »