5 ALASAN MENGAPA TIDAK BAIK TIDUR SETELAH SAHUR

Banyak dari kita yang terburu buru ingin segera tidur saat setelah makan. mungkin sebagian dari kita langsung tertidur dan yang lainnya masih menjaga kantuknya untuk segera sholat subuh. hal yang sering dipertanyakan ialah mengapa seseorang tidak sebaiknya tidur setelah sahur.

mungkin pertanyaan itu akan terjawab dengan 5 alasan dibawah ini. baik itu dari segi kesehatan dan segi rohani dianjurkan untuk tak tidur terlebih dahulu. berikut 5 alasannya:

1. Asam lambung naik

Asam lambung yang naik sering kali terjadi ketika makanan tidak tercerna dengan baik. Lambung akan meningkatkan produksi asam lambung. Sementara itu, posisi tidur akan melonggarkan klep lambung. Hal ini yang menyebabkan asam lambung dalam perut mengalir balik ke kerongkongan.

(BACA JUGA: Tips memutihkan wajah secara alami dan permanen)

2. Dapat menyebabkan strok

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidur setelah makan membuat makanan tidak tercerna. Hal ini menyebabkan lambung membutuhkan asupan darah yang lebih banyak untuk memperlancar pekerjaannya. Padahal, otak juga tetap membutuhkan asupan darah yang stabil meski kita sedang tertidur. Karena terserap di lambung, maka suplai darah ke otak akan berkurang. Dalam jangka panjang, kebiasaan tersebut akan membuat otak mengalami strok.

3. Refluks asam atau GERD

Tidur setelah makan sahur dapat memicu GERD karena tubuh tidak dalam posisi tegak--posisi ideal untuk mencerna makanan. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa memicu asam lambung.

Panas di dada, tenggorokan panas, mual, bersendawa, dan mulut pahit adalah gejala yang menunjukkan refluks. Tentunya ini akan membuat rasa tak nyaman ketika berpuasa. GERD dapat dicegah dengan menunggu makanan hingga tuntas tercerna setidaknya tiga jam sebelum tidur.

4. Sembelit

Biasanya, pengosongan lambung manusia membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam setelah makan. Dengan posisi berbaring atau tiduran dapat menghambat proses pengosongan lambung.

Jika ini terus terjadi bisa memicu sembelit atau kesulitan buang air besar. Untuk mencegahnya, hindari makanan yang tinggi lemak, gula, dan kafein dalam menu sahur. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran agar proses pencernaan menjadi lebih lancar.

5. Peningkatan berat badan

sudah jadi rahasia umum bahwa dampak dari kebiasaan langsung tidur usai makan membuat berat badan melonjak naik. Tak heran, ketika Ramadan banyak orang bukan bertambah kurus tapi justru sebaliknya.

Hal ini disebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak kalori ketimbang yang dibakar. Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa dan langsung pergi tidur usai makan membuat tubuh menimbun lemak karena Anda tidak memberikan kesempatan untuk membakar kalori yang masuk.

nah seperti itulah bahaya kesehatan yang akan di alami jika kita terus tidur saat setelah sahur. ini dapat menimbulkan efek kesehatan yang berbahaya bagi tubuh. maka dari itu pentingnya merawat tubuh saat puasa menjadi prioritas utama.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »