CARA MEMBUAT SITEMAP LENGKAP

Sitemap pada blogspot memang seharusnya dibuat terutama pada blogger blogger yang baru memulai situsnya. Dengan adanya sitemap memungkinkan pengunjung sobat untuk melihat lihat isi seluruh konten yang ada di blog sobat.

Sitemap biasa juga disebut daftar isi, dikarenakan sitemap akan menampilkan seluruh konten yang ada diblog sobat baik itu konten baru(new) atau konten yang lam sesuai pada label masing masing.


Masih belum paham juga apa itu sitemap? Ini penjelasan lengkapnya


Peta situs adalah model konten situs web yang dirancang untuk membantu pengguna dan mesin telusur menavigasi situs. Peta situs dapat berupa daftar halaman hierarkis (dengan tautan) yang diatur menurut topik, bagan organisasi, atau dokumen XML yang memberikan instruksi ke bot perayapan mesin telusur.


(baca juga: cara mudah membuat privacy policy)

Sekarang sudah tau kan. Sitemap juga memungkinkan robot mesin telusur dapat menemukan blog sobat agar cepat terindeks di google, itulah mengapa sitemap sangat penting bagi blog.


Permasalahan yang sering muncul ialah bagaimana membuat sitemap? Baiklah saya akan menjawab permasalahan tersebut. Seperti biasa saya akan melampirkan gambar, Ikuti langkah dibawah ini


SITEMAP UNTUK BLOG
1.    Pertama masuk pada dashboard blog > halaman > halaman baru.


2.    Ubah compose menjadi html.
3.    Masukkan kode dibawah ini


<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://share-han.blogspot.co.id/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>


4.    ubah tulisan warna biru menjadi url blog sobat. Klik save dan lihat. Sitemap untuk blog sudah jadi


MEMASANG SITEMAP PADA TEMA BLOG
1.    Untuk membuat blog sobat terlihat nyata. Maka sitemap harus terhubung pada blog yang sudah ada tulisan sitemapnya. Bayangkan jika tema blog sobat punya kata sitemap namun tidak dapat diakses. biasanya ini untuk tema hasil download. Pertama ke dashboard > tema > edit html
2.    Cari sitemap dengan ctrl+F untuk memudahkan pencarian
3.    Jika sudah ketemu. maka sobat akan mendapat kode href=’#’. Ganti kode # dengan url dari sitemap yang sudah dibuat tadi


4.    Cara menggantinya kunjungi sitemap lalu copy halaman url nya dan ganti # dengan url sitemap sobat. Ingat bahwa sobat hanya mengganti # saja.
5.    Lalu simpan. Maka ketika sobat melihat blog sobat dan klik sitemap maka akan terakses.


MEMBUAT SITEMAP XML UNTUK ROBOT PERAYAPAN
1.    nah lain halnya dengan sitemap diatas. Ini untuk memudahkan robot perayapan mengindeks situs sobat. Pertama ke dashboard > lihat blog.
2.    Copy alamat url blog sobat dan tambahkan tab baru.
3.    Akses http://ctrlq.org/blogger/ pada tab baru sobat


4.    Masukkan alamat url sobat dikotak yg disediakan. Lalu klik generate sitemap
5.    Akan muncul kode kode dan copy kode tersebut sesuai gambar.


6.    Masuk ke dashboard blog sobat lagi lalu pilih setelan > preferensi penelusuran > robot.txt khusus dan edit.


7.    Pilih ya dan paste kode tadi kemudian simpan.


selesai dan selesai, inilah cara mudah membuat sitemap untuk blog sobat, share kepada teman teman yang membutuhkan. sitemap sangat dibutuhkan dalam sebuah blog jadi pastikan sobat membuat sitemap ini dengan mengikuti langkah langkah diatas. semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. (baca juga cara mudah membuat disclaimer pada blog)

"Ada tantangan yang harus dihadapi. Ada perjuangan yang harus dimenangkan. Itulah hidup" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »