20 MANFAAT YANG ANDA DAPATKAN SAAT BERPUASA

Puasa yang anda jalankan tidak sekedar menahan hawa nafsu, tetapi juga telah terbukti memiliki banyak manfaat yang jarang kita ketahui yang ternyata berdampak positif dalam tubuh kita.

Puasa telah diakui karena banyak manfaat kesehatannya yang berasal dari Hippocrates. Manfaat ini meluas ke segala hal, mulai dari penataan berat badan yang lebih baik, peningkatan kesehatan kardiovaskular, komposisi darah yang lebih sehat, dan regenerasi sel yang lebih baik serta masih banyak lagi.


(baca juga: tips berpuasa bagi penderita maag)

Meskipun tidak banyak penelitian tentang puasa pada manusia, tetapi semakin banyak ahli kesehatan percaya bahwa hasil berpuasa dari penelitian hewan menjanjikan besar bagi kesehatan manusia dan upaya penelitian di masa depan.

Ada banyak jenis puasa yang dapat Anda pilih, dan mereka berbeda dalam hasil dan kesulitannya. Banyak penelitian termasuk di sini yang berasal dari studi tentang pembatasan kalori dan puasa intermiten. Satu kesimpulan bahwa puasa tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendetoksifikasi tubuh Anda dan mengatur ulang sistem Anda untuk kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Dikutip dari global healing center inilah manfaat berpuasa.

1. Meningkatkan Komposisi Tubuh dan Kebugaran

Orang-orang berpuasa untuk berbagai alasan, dan banyak yang sangat tertarik dengan efek puasa pada jaringan lemak tubuh dan penurunan berat badan secara keseluruhan. Puasa memberikan kontribusi untuk komposisi tubuh yang lebih baik dalam beberapa cara, terutama melalui tindakannya pada hormon dan metabolisme lemak.

2. Peningkatan  rasa yang Lebih Besar

Jaringan lemak Anda bertindak sebagai sejenis organ endokrin, menghasilkan beberapa hormon yang berbeda. Salah satu hormon ini, leptin, mempengaruhi seberapa kenyang yang Anda rasakan. Puasa dan penurunan berat badan secara signifikan mempengaruhi tingkat rasa lapar dan kepuasan pasca makan melalui hormon ini. Dengan puasa, kadar leptin turun pada awalnya, tetapi ketika Anda menurunkan berat badan, Anda menurunkan resistensi leptin. Menjadi lebih responsif terhadap sinyal leptin yang meningkatkan seberapa kenyang yang Anda rasakan.

3. Meningkatkan Metabolisme Anda

Leptin, meskipun dikenal terutama sebagai hormon "kenyang", juga meningkatkan produksi hormon tiroid. Peningkatan sensitivitas leptin meningkatkan laju metabolisme Anda jika Anda memiliki tiroid yang lambat.

4. Mendukung Lemak dan Ketosis

Ketosis, atau kondisi pembakar lemak, dicapai baik dengan berpuasa atau makan diet yang berpusat pada lemak sehat. Ketosis membantu Anda membakar melalui cadangan lemak Anda dengan membakar Lemak sentral yang berlebihan disimpan di sekitar organ, seperti hati dan ginjal Anda, yang mengganggu fungsi organ. Puasa membantu Anda mencapai ketosis bahkan lebih cepat daripada pembatasan kalori tradisional. Satu studi menemukan bahwa puasa secara signifikan meningkatkan metabolisme lemak pada manusia.

5. Mendorong Sensitivitas Insulin yang Lebih Baik

Puasa menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih sedikit insulin karena Anda tidak memberi diri Anda sendiri dosis gula yang stabil. Tingkat yang lebih rendah dari hormon ini menyebabkan peningkatan sensitivitas pada mereka yang memiliki resistensi insulin. Toko lemak yang berlebihan tampaknya berkontribusi terhadap resistensi ini. Beberapa penelitian menunjukkan lemak berlebih di dalam tubuh, darah, dan diet sebagai penyumbang resistensi insulin dengan mencegahnya melakukan tugasnya, yaitu membuka pori-pori pada membran sel Anda untuk memungkinkan gula masuk ke dalamnya.

6. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Salah satu manfaat utama dari puasa, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah kesehatan terkait sindrom metabolik, adalah banyak manfaat kardiovaskular langsung. Puasa meningkatkan fungsi kardiovaskular, komposisi darah, dan tekanan darah. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 atau kolesterol tinggi mungkin menemukan puasa bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan terkait ini.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Saat berpuasa, banyak orang mengalami tekanan darah rendah, terutama selama minggu pertama puasa. Itu mungkin karena puasa yang menurunkan tekanan darah, tetapi lebih banyak menurunkan tekanan darah secara signifikan akan menurunkan asupan garam dan meningkatkan kehilangan garam melalui urin.

8. Menurunkan Gula Darah

Hanya dalam beberapa hari pertama puasa, gula darah turun lebih dari 30%, merembes dengam signifikan pada siapa pun dengan hiperglikemia. Penurunan ini biasanya membuat orang merasa rendah energi, tetapi kadar gula darah Anda akan stabil saat Anda terus berpuasa.

9. Menurunkan Trigliserida Darah

Trigliserida darah menurun selama  berpuasa. Memiliki darah berlemak(trigliserida) meningkatkan risiko pengembangan arteri yang menyempit.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian hewan lain menemukan bahwa puasa mengarah pada peningkatan kesehatan jantung. Pada hewan, peneliti menemukan bahwa puasa intermiten meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung.

11. memperlambat Penuaan dan Meningkatkan Umur Panjang

Penelitian tentang puasa untuk umur panjang dan penuaan yang lebih sehat telah terbukti pada hewan, tetapi pengujian terkontrol pada manusia masih dalam tahap awal. Komposisi darah yang lebih baik saja meningkatkan penuaan yang sehat dan hasil kesehatan. Efek dari puasa tampaknya mengarah pada umur yang lebih sehat dan lebih panjang.

12. Mengurangi Peradangan

Peradangan memiliki banyak penyebab, tetapi diet yang tidak sehat adalah sumber radikal bebas yang konsisten dan makanan yang menyebabkan peradangan. Gula olahan, karbohidrat olahan, alkohol, daging, produk susu, dan makanan yang digoreng atau hangus dapat memicu peradangan. Tapi makanan bukan satu-satunya sumber.  reaksi metabolik juga menghasilkan radikal bebas seperti superoksida dan hidrogen peroksida. Mengabaikan beberapa makanan mencegah peradangan terkait makanan.

Cara lain yang mempercepat penurunan peradangan adalah melalui keseimbangan hormon yang lebih baik. Beberapa penelitian telah menemukan tingkat insulin yang lebih rendah dan peningkatan sensitivitas insulin mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

13. Meningkatkan pertahanan tubuh terhadap Stres Oksidatif

Kerusakan akibat radikal bebas adalah kontributor penuaan dini. Manfaat puasa termasuk komposisi darah yang lebih baik, peningkatan sinyal hormon, stres oksidatif yang kurang, dan pensinyalan gen yang sehat. Manfaat ini membuat tekanan oksidatif tubuh Anda menurun, suatu keuntungan yang menjaga gen, sel, dan jaringan Anda tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia.

14. Meningkatkan regenerasi Sel

Ketika kita menua, sel-sel jahat, baik manusia maupun hewan, dapat berproliferasi di seluruh tubuh tanpa terkendali dan jaringan yang rusak ini dapat berkontribusi terhadap penyakit progresif. Puasa mengirimkan tubuh Anda ke daur ulang sel, proses pencernaan sendiri pada tingkat sel yang disebut autophagy. Tetapi Anda tidak hanya mencerna lemak untuk membakar diri saat berpuasa. Tubuh Anda juga menargetkan sel-sel yang tidak berfungsi dan jaringan lama untuk mengoptimalkan sumber daya untuk bertahan hidup. 


(baca juga: 9 alasan saat lebaran banyak makanan yang dilapisi daun pisang)

Puasa mempromosikan penghancuran sel dan jaringan yang tidak berfungsi dengan baik melalui perlindungan selektif. Secara selektif melindungi jaringan yang sehat karena mereka merespon kondisi buruk seperti kelaparan atau puasa.

15. Meningkatkan Regulasi Pertumbuhan

Tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit IGF-1 (faktor pertumbuhan seperti insulin 1) saat berpuasa dan diet tertentu, seperti pola makan nabati yang sehat. IGF-1 telah terlibat sebagai hormon yang membantu kanker berproliferasi di seluruh tubuh. Pengurangan produksi IGF-1 mengurangi kemungkinan pertumbuhan dan penyebaran tumor yang sulit ditangani. Ini berarti bahwa puasa dapat membantu membersihkan tubuh tidak hanya sumber daya yang diperlukan sel-sel jahat tetapi juga hormon-hormon yang membantu mereka bertahan dan berkembang.

16. Melindungi Otak Anda

Studi tentang penuaan dan fungsi otak telah meningkat secara substansial dalam dekade terakhir. Harapan hidup telah meningkat jauh melampaui apa yang pernah dipikirkan sebelumnya. Ketertarikan mendalam masyarakat pada kesehatan otak di seluruh tahapan kehidupan mencerminkan keinginan untuk usia dengan anggun, sehat, dan dengan kemampuan mental penuh utuh. Untungnya, puasa tampaknya secara khusus memulai mekanisme perlindungan di otak Anda.

17. Mengurangi Produksi Protein yang Berbahaya

Ada banyak protein dan produk metabolisme yang memicu peradangan, terutama di otak. Pembatasan puasa dan kalori menghambat produksi radikal bebas dan protein yang menjengkelkan seperti sitokin inflamasi. Bukti pemasangan menunjukkan bahwa ini berkontribusi pada penuaan otak prematur dan puasa itu dapat menurunkan produksi mereka, melindungi Anda dari dampaknya. Menariknya, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa tidak hanya kerusakan radikal bebas dan produksi sitokin inflamasi yang melambat, tetapi produksi sitokin pelindung meningkat saat berpuasa.

18. Meningkatkan Tanggapan Stres Sehat

Stres yang ringan dan jarang baik bagi Anda. Ini menantang tubuh Anda, dan Anda menjadi lebih kuat setelah melalui itu. Sedang, stres singkat pada otak menghasilkan hasil yang serupa. Puasa memberikan sedikit tekanan pada otak. Stres ini mengatur riam tindakan yang melindungi neuron dari kerusakan dan kematian pada model binatang.

19. Meningkatkan Pemulihan Dari Cedera

Anda akan berpikir bahwa puasa setelah cedera, terutama satu ke otak yang lapar glukosa, akan membuat pemulihan lebih sulit. Namun sebaliknya tampaknya benar. Dalam penelitian hewan, puasa intermiten setelah cedera memperbaiki fungsi otak dari stroke dan penyakit yang mempengaruhi otak. Pada saat ini, mekanismenya belum dipahami, jadi penyelidikan lebih lanjut diperlukan sebelum praktisi perawatan kesehatan Anda dapat mulai merekomendasikan puasa intermiten untuk pemulihan.

20. Mendukung Kolagen Sehat dalam Kulit

Diet Anda penting untuk penampilan kulit Anda, tetapi puasa juga dapat meningkatkan integritas kulit Anda. Gula darah tinggi mengubah struktur kolagen, melemahkan kekuatan dan ketahanannya. Karena puasa menurunkan gula darah secara substansial, Anda dapat menganggapnya sebagai bagian normal dari rutinitas perawatan kulit Anda untuk memastikan penuaan yang anggun. 



(baca juga: tips menjaga kesehatan saat mudik)

Ada banyak manfaat puasa yang selama ini tidak kita ketahui dan sebenarnya sedang berlangsung pada tubuh kita. Itulah manfaat yang bisa kita dapatkan, ada banyak manfaat lain dengan berpuasa karena penelitian masih berlanjut sampai hari ini. 


dengan berpuasa semoga saja kita selalu mendapatkan kesehatan dan kebugaran dalam menjalani setiap hari hari yang sulit. Share kepada teman sekalian karena berbagi itu indah.


"Harta sehati adalah kesehatan, bukan emas dan perak" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »