TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT MUDIK

lebaran hampir tiba, orang beramai ramai untuk kembali kekampung halaman tercinta untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga disana. tak lupa juga untuk saling maaf memaafkan kepada seluruh kerabat yang ada.

tetapi biasanya banyak masalah atau kendala yang sering kita hadapi saat bermudik utamanya masalah kesehatan. banyak dari kita yang tidak memikirkan ini sehingga perjalanan menjadi terasa berat dan terhalang.

(baca juga: tips berpuasa bagi penderita maag)

agar perjalanan mudik kalian menjadi lancar dan tidak terganggu karena kesehatan dalam tubuh. maka share-han akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kalian agar tetap fit. langsung saja yang pertama.

1) Minum air putih yang cukup
jika anda mudik sebelum hari raya, maka disarankan untuk mengomsumsi banyak air putih saat berbuka maupun setelah sahur(jika anda masih dalam perjalanan). Ini penting untuk menjaga tubuh anda tetap sehat karena mineral alami dari air putih.

Kekurangan air putih saat bermudik dapat membuat anda dehidrasi yang berujung pada ketidakfokusan anda dalam mengemudi yang akan menyebabkan hal yang tidak di inginkan. Air putih yang harus diminum hendaknya masih segar dan tidak berada dalam keadaan terbuka selama berhari  hari.

membawa persediaan air putih saat mudik sangat disarankan dan sangat tidak di anjurkan untuk meminum minuman yang mengandung kafein serta alcohol.

2) Istirahat yang cukup
Istirahat sebelum mudik memang dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali energy yang hilang. Jangan sampai anda kelelahan saat diperjalanan yang akan mengganggu pengalaman bermudik anda.


Untuk istirahat maka tidurlah yang cukup, umumnya seseorang tidur selama 8 jam untuk benar benar ingin memulihkan kembali semua energy. Jadi saat mudik anda tidak akan merasakan ngantuk yang luar biasa lagi


(baca juga: manfaat yang anda dapatkan selama ini saat berpuasa)

Selama perjalanan, pastikan Anda tidak memaksakan diri untuk terus berkendara kala mengantuk atau lelah datang menghampiri. Menepilah dan cari rest area terdekat.

3) Aktiflah bergerak 

Mudik memang membutuhkan istirahat yang cukup, tetapi bukan artinya anda harus bermalas malasan saat menaiki kereta atau transportasi lainnya. Anda harus tetap bergerak karena jika tidak maka akan mengakibatkan otot anda menjadi keram.

Jika menggunakan kereta atau pesawat, Anda bisa sekedar berjalan bolak-balik dan meregangkan otot maupun sendi di dalam kendaraan. Bila memungkinkan, Anda bisa melakukan gerakan melompat di tempat.


Menjaga tubuh anda tetap aktif bergerak akan membuat darah mengalir dengan cepat dan juga membuat tubuh anda tetap panas(fit). Karena itu sangat penting untuk tetap bergerak saat mudik dan tidak diam ditempat.

4) Mengemudi secara Bergantian

Pemudik yang kebetulan membawa kendaraan sendiri sebaiknya mengajak teman atau anggota keluarga yang siap mengendarai kendaraan secara bergantian, ini penting jika anda berada dalam perjalanan jauh terutama mereka yang menggunakan mobil pribadi atau motor. 

Pastinya akan terasa pegal atau keram jika hanya anda yang mengemudi dan berdiam ditempat anda selama berjam jam, adanya orang yang akan menggantikan anda bisa menjadi lebih baik. Dengan begitu, ada waktu yang cukup bagi pengemudi untuk beristirahat sembari memulihkan konsentrasi yang terkuras ketika berkendara jauh. 


5) Jangan menahan pipis

nah yang satu ini biasanya dialami oleh pada pemudik. Banyak diluar sana yang menahan pipis hanya karena tidak ingin berhenti dalam perjalanan. Ini adalah sebuah kesalahan karena faktanya menahan buang air kecil bisa mengakibatkan munculnya beberapa penyakit yang bisa berbahaya.

Ketika berada di tempat istirahat, usahakan untuk buang air kecil. Jangan sampai menahan kencing karena bisa berdampak pada infeksi saluran kecing. 


6) Jangan membeli makan dan minum sembarangan

tidak ada yang tahu bahan apa saja yang terkandung dalam sebuah makanan atau minuman yang dijual dipinggir jalan. Bisa jadi itu berbahaya bagi anda yang mengakibatkan sakit perut atau gejala mual lainnya. 

Membeli makanan dan minuman sembarangan di pinggir jalan sangat berisiko. Tak ada jaminan makanan dan minuman itu terjaga kualitasnya. Makanan dan minuman harus dipastikan terjaga kualitasnya. Makanan dan minuman di pinggir jalan selalu terpapar panas matahari.


7) Konsumsi makanan sehat 

Memenuhi asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang perlu dilakukan selama mudik. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang. Sumber karbohidrat bisa didapat dari nasi, kentang, dan roti. Sedangkan sumber protein bisa Anda dapatkan dari daging, ayam, tahu, dan tempe.

(baca juga: makanan yang berbahaya bagi anak)

Kemudian, sumber lemak yang baik untuk kesehatan (lemak tak jenuh) bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, alpukat, ataupun kacang-kacangan. Sumber serat seperti sayur sayuran dan buah-buahan juga diperlukan untuk memperlancar fungsi saluran pencernaan.
Tidak lupa, untuk mencegah terjadinya lonjakan kadar kolesterol selama mudik, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung plant stanol ester.


8) Jangan lupa membawa obat obatan 

Yang saya maksud disini obat obatan yang berguna bukannya obat obatan yang merusak(narkoba). Orang tak pernah tahu apa yang terjadi selama perjalanan. Jadi, disarankan mereka yang melakukan perjalanan jauh menyiapkan obat-obatan sederhana, seperti obat anti-diare, obat sakit kepala, obat alergi, obat anti-mual/muntah atau obat yang mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maaq. 

9) Pastikan ponsel dan charger terisi

seperti yang kita ketahui gadget saat ini menjadi salah satu hal yang penting untuk dibawa. Fungsinya saat mudik tidak lain untuk memberikan informasi dan juga komunikasi dengan cepat kepada keluarga.

Jangan sampai kehabisan baterai selama perjalanan. Ponsel dan gadget amat penting pada kondisi tertentu, misalnya saat kita ingin mencari informasi seputar jalur yang aman dan tidak macet untuk lancarnya mudik. Tak lupa, siapkan power bank dan kabel USB penghubung untuk mengisi battery gadget dari kendaraan. Gagdet juga bisa digunakan sebagai media untuk mengisi kejenuhan dalam melawan kemacetan.


(baca juga: alasan mengapa saat lebaran makanan dilapisi dengan daun pisang)

itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk anda yang ingin mudik dan tidak takut akan kesehatan dalam diri anda terganggu. semoga mudik anda menjadi nyaman dan tentunya terasa aman serta kembali kekampung halaman dengan selamat. share kepada teman yang membutuhkan.


Keyword: Tips saat mudik, cara agar aman saat mudik, cara agar sehat saat mudik, mudik dengan aman, tips tips mudik, cara mudik lancar dan menyenangkan.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »