CARA ALAMI MENGATASI, MENGOBATI DAN MENCEGAH FLU

flu memang kerap mengganggu aktifitas disaat lagi sibuk sibuknya. walaupun begitu flu tidak boleh dihiraukan begitu saja karena virus yang menginfeksi tubuh dapat membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah bagi penyakit lainnya untuk menyerang tubuh.

adapun cara untuk mencegah dan mengobati flu dengan cara alami:

1. Tidur lebih awal
"Tidur dan meluangkan waktu untuk memulihkan diri adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri, rekan kerja, dan keluarga Anda," kata Len Horovitz, MD, seorang spesialis paru di Lenox Hill Hospital di New York City. Dan kebenarannya adalah, ketika Anda merasa sakit, Anda tidak akan merasa ingin melakukan banyak hal lain. Tidur sebanyak yang Anda bisa dan hindari kontak dengan orang lain sampai Anda bebas demam - tanpa minum obat penurun demam - selama 24 hingga 48 jam. Saat beristirahat, letakkan bantal tambahan di bawah kepala Anda untuk membantu mengeringkan saluran hidung Anda dan membuat tidur lebih nyaman.

2. Berkumurlah untuk Menenangkan Sakit Tenggorokan
"Jika Anda sakit tenggorokan, berkumurlah dengan air atau air garam," Dr. Horovitz merekomendasikan. Berkumur sering kali dapat membantu mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan melonggarkan lendir, yang dapat menghilangkan iritasi, seperti bakteri dan alergen, dari tenggorokan.

BACA JUGA: penyebab flu dan cara mengatasinya

3. Minumlah dengan cukup untuk menghindari dehidrasi
"Jika Anda demam, Anda berisiko mengalami dehidrasi, jadi penting untuk memastikan Anda minum cukup cairan," kata Dana Simpler, MD, dokter perawatan primer di Mercy Medical Center di Baltimore. Salah satu cara dehidrasi menunda pemulihan Anda adalah dengan mempersulit tentara sistem kekebalan yang memadamkan virus yang menyerang untuk bepergian ke seluruh tubuh Anda.

4. Sup Ayam
Sup ayam tidak hanya hangat dan menenangkan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics menemukan bahwa senyawa dalam sup ayam yang disebut carnosine dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan flu pada masa-masa awalnya. Sebuah studi sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal Chest, menyarankan bahwa sup ayam memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala dan mempersingkat infeksi saluran pernapasan bagian atas. Schachter mencatat bahwa sup dan cairan panas lainnya, seperti teh, memiliki manfaat lain: Mereka meredakan hidung tersumbat, membantu Anda tetap terhidrasi, dan menenangkan membran yang meradang di hidung dan tenggorokan Anda.

5. Bersihkan Kemacetan Dengan Cepat dengan Neti Pot
menggunakan neti pot - wadah kecil seperti teko dengan cerat panjang - untuk menyiram lendir dari saluran hidung dua kali sehari dapat membantu, kata Horovitz. Ini dilakukan dengan menempatkan larutan garam yang dibuat dengan air suling, disterilkan, atau sebelumnya direbus dalam neti pot dan mengikuti instruksi yang datang dengan neti pot.

BACA JUGA: obat ampuh sakit kepala!

6. Mandi uap
Mandi uap yang lama dapat membantu melembabkan tenggorokan dan saluran hidung, sekaligus membantu membersihkan lendir, kata Schachter. Jika flu membuat Anda merasa pusing atau lemah, cukup nyalakan air panas, duduk di kamar mandi dan hirup uapnya hingga 10 menit.

Masih belum merasa lebih baik? Mungkin sudah saatnya untuk beralih dari solusi flu alami dan mencari bantuan medis. Penting untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda, karena flu dapat memiliki konsekuensi serius, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia hingga memburuknya kondisi kronis, seperti gagal jantung kongestif, asma, dan diabetes, menurut CDC.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »